rumah kayu minimalis yang unik dan elegan kinaara 2 kinaara 3

Rumah Kayu Minimalis yang Elegan dan Unik

Rumah kayu minimalis yang unik dan elegan ini terdapat di Kinaara Resort and Spa. Resort yang berlokasi di Desa Pemuteran Bali ini memadukan dua elemen budaya yang berbeda yaitu Minahasa dan Lombok. Pengabungan ini menghasilkan resort yang unik dan antik.

Ketika datang di resort untuk peresmiannya, saya selaku perwakilan dari CV. Gratia sungguh takjub dengan keindahan resort ini. Suasana, pemandangan dan cottage-nya sungguh serasi. Kolam yang berada di tengah resort memberikan rasa sejuk di siang hari dan rasa rilex di malam hari. Suasana yang ada di resort ini di dukung juga oleh keberadaan cottage-nya. Ada cottage dari rumah has pulau lombok ada juga cottage buatan kami yang menampilkan kekhasan daerah minahasa.

Lumbung suite merupakan rumah khas daerah lombok yang menampilkan kesederhanaan dalam konstruksi. Elegan merupakan kata yang terucap ketika kami melihat konstruksi rumah ini untuk pertama kali. Sepuluh unit dari rumah ini telah kami bangun atas permintaan pemilik resort untuk resort Kinaari di Likupang – Sulawesi Utara. Rumah ini memiliki ukuran 35 meter persegi dengan spesifikasi bangunan sebagai berikut:

  • Rangka dan Lantai: Kayu Besi Aliwowos,
  • Dinding dan Plafon: Kayu Nyatoh dan Pitate atau Anyaman Bambu,
  • Jendela dan Pintu: Kayu Nyatoh.

Untuk atap rumah, manajemen menggunakan atap dari ilalang yang dikirim langsung dari pulau lombok. Model rumah yang kami buat merupakan modifikasi dari rumah lumbung yang asli.

Wale kai yang juga menjadi andalan di resort ini. Wale kai atau rumah kayu yang kami buat berukuran 35 meter persegi sampai dengan 210 meter persegi. Model rumah ini merupakan model tradisional dari rumah kayu minahasa yang telah diproduksi di Woloan sejak lama. Rumah ini terlihat antik dan setelah dipadukan dengan atap ilalang, rumah ini menjadi sangat unik. Rumah ini memiliki spesifikasi yang sama dengan rumah lumbung kecuali bagian plafonnya yang tidak menggunakan anyaman bambu.

Adapun kayu aliwowos yang kami gunakan sebagai rangka dan lantai bangunan lebih stabil dari kayu rimba campuran lainnya. Kayu ini memiliki kekerasan yang cukup sehingga memberikan daya tahan terhadap tekanan benda-benda tumpul seperti hak sepatu, pasir atau batuan kecil yang terinjak dan lain-lain. Walaupun kayu ini memiliki retak-retak halus di permukaanya, kayu ini tetap kuat dan menjadi pilihan utama kami dalam pembuatan rangka dan lantai bangunan.

Untuk Dinding kami menggunakan kayu nyatoh atau juga dikenal dengan nantu, kayu ini memiliki warna putih kecoklat-coklatan. Daya tahan kayu ini cukup baik dan susutnya sedikit. Biasanya kayu ini digunakan juga untuk plafon.

Pengetahuan akan kayu dan konstruksinya merupakan modal utama kami dalam pembuatan resort ini. Kualitas dari kayu dan pengerjaan merupakan fokus kami untuk melayani pelanggan.

Banyak pengalaman yang kami dapatkan dalam pembangunan kompleks resort kinaara ini. Mulai dari perbaikan proses logistik dan peningkatan pelayanan terjadi berkat proyek yang satu ini. Pengalaman yang paling berharga adalah mempelajari konstruksi rumah dari daerah lain. Ini memberikan pengetahuan dan skill yang lebih serta kemampuan design rumah kayu bagi kami. Di kemudian hari kami akan menciptakan design rumah yang memaduhkan gaya Lombok dan Minahasa.

 Secara khusus kami segenap pengrajin dan manajemen CV. Gratia Magna (sebelumnya bernama CV. Gratia) menyampaikan banyak terimakasih kepada pemilik dan manajemen Kinaari Resort yang telah mempercayakan konstruksi rumah kayu kepada kami. Semoga kerja sama ini tetap dapat berlangsung di masa yang akan datang.

Proyek yang terkait:

Proyek Lainnya klik di sini  our poject.

Kembali ke halaman utama klik di sini home.

Untuk melihat proyek yang sementara berlangsung kunjung kami di google+.